Friday, March 31, 2023

, ,

Penerapan Coaching dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran Sosial Emosional

Sumber Gambar : https://www.get.mentoringcomplete.com/blog/coaching-and-mentoring-whats-the-difference

 

Coaching merupakan suatu proses yang digunakan dalam proses membangun kesadaran dalam diri seseorang tanpa harus menghakimi dan memberikan jawaban secara langsung namun menyadarkan seseorang agar dapat menemukan solusinya sendiri. Dalam penerapan coaching dengan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi serta pembelajaran sosial emosional, maka hal coaching dapat menjadi salah satu teknik dalam agar pelaksanaan pembelajaran tersebut sesuai dengan tujuannya.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada murid dengan teknik pelaksanaan sesuai dengan kebutuhan atau kondisi murid tersebut. Untuk mengetahui kebutuhan murid maka perlu diberikan hal-hal berbeda, seperti diferensiasi konten, produk, dan proses. Ketiga hal tersebut menjadi salah satu acuan dalam pelaksanaan coacing.

Selain itu dalam pembelajaran sosial emosional, coaching juga dapat menjadi salah satu teknik dalam memberikan kesadaran murid. Hal tersebut karena dalam prinsip coahing seseorang tidak dilakukan penghakiman atau menyalahkan apa yang sudah dilakukan seorang murid, sehingga murid tidak merasa disalahkan serta justru memacu mereka untuk dapat memberikan kesimpulan atas informasi yang mereka dapatkan.

Kemudian keterkaitan penerapan coaching sebagai kompetensi pemimpin pembelajaran sangat perlu dikuasi serta menjadi ketrampilan khusus seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang benar-benar memahami coaching maka justru peran kolaborasi akan sangat muncul dalam proses pelaksanaan supervisi serta proses berjalannya manajemen sekolah.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.