Thursday, March 3, 2016

,

Tips Leader Faiz Perjuangan




Sebuah pelampiasan terhadap kesewenang-wenangan seorang pemimpin perusahaan/organisasi secara positif adalah dengan memberikan saran.

Dan berikut ini adalah Tips Leader yang saya buat untuk mereka :)

1. Ketika seseorang menjadi Leader dalam suatu organisasi atau perusahaan, maka langkah awal Leader adalah melakukan analisis atau pemetaan SWOT. Hal tersebut dilakukan agar Leader dapat mengambil kebijakan atau keputusan yang dirasa tepat dan sesuai dengan kondisi organisasi atau perusahaan.

2. "Pendekatan Berbasis Makanan" adalah salah satu pendekatan efektif dalam mendapatkan kepercayaan bawahan atau rekan satu tim.

3. Dengarkan keluhan dan informasi yang didapatkan dari siapapun dalam organisasi atau perusahaan. Banyak "mendengarkan" akan lebih baik serta informasi yang didapatkan dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan.


4. Sebagai leader, untuk dapat mengatur atau mengkontrol seseorang itu mudah sekali dengan menggunakan metode Ancaman atau membuat ketakutan dengan sesuatu hal. Tapi, apakah mau ditakuti dulu baru pada bisa mongkontrol bawahan atau rekan satu tim dalam organisasi atau perusahaan?! Kalo kayak gitu apa bedanya dengan jadi preman?!

5. Sebagai Leader haruslah mampu memahami dan menghargai semua proses bekerja atau pekerjaan yang terjadi didalam organisasi atau perusahaan, bahkan hal-hal yang kecil. Setiap pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan memiliki alur proses menuju sebuah hasil. Apabila beberapa proses tidak sesuai dengan target, maka lakukan evaluasi, baik itu ditengah proses maupun setelah mendapatkan hasil. Dari evaluasi tersebut, dapat dibuat Standart Operational Prosedur (SOP) agar setiap proses dapat berjalan teratur dan tersistem serta dapat memperkirakan hasil yang didapat dari proses tersebut.  

6. Karakter umum para "bawahan" Leader di organisasi atau perusahaan adalah selalu menuntut tauladan dari seorang Leader. Hal tersebut memang tepat, namun seorang Leader tidak harus menjadi yang terbaik atau Best of The Best di organisasi atau perusahaannya. Berusaha lebih baik dalam setiap proses dengan menjaga kualitas Leader akan nampak lebih baik. Selain itu, seorang Leader justru juga harus mampu mengajak rekan satu tim atau bawahannya untuk mampu berproses lebih baik dari pada sebelumnya. Syukur-syukur dapat melebihi Leader, karena kebanggaan seorang Leader bukan hanya dinilai dari hasil kerja, namun juga ada peningkatan kemampuan "leadership" rekan satu tim atau bawahannya. 

7. Konflik dalam perusahaan atau organisasi itu perlu, karena konflik dapat memberikan pelajaran berharga dalam bersikap. Gambar ini bisa menjadi salah satu masukan untuk "bersosialisasi"




8. Ini adalah ‪#‎TipsLeaderFaizPerjuangan‬ paling gampang Tentang menjadi Leader di sebuah perusahaan dan beberapa faktor agar mencegah karyawan "terbaik"nya keluar dari pekerjaan. Silahkan baca postingan Kompasiana ini  http://www.kompasiana.com/cucum-suminar/ini-penyebab-karyawan-terbaik-resign_56adece38e7e618515c3bac2 

9. Seorang Leader harus memahami pola dasar diskusi, sehingga dalam interaksi baik dalam kondisi konflik atau non-konflik dapat menyelesaikan permasalahan secara benar. Silahkan baca dan pahami link dibawah ini. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kesesatan

10. Dalam istilah bahasa Jawa, ada pameo mengatakan "Seorang Leader jangan cuma bisa 3D, Dawuh, Dangu, Dukani". Dawuh artinya memerintah, Dangu artinya menanyakan, dan Dukani artinya memarahi.

11. Menjadi seorang pemimpin, maka dia akan mengalami rasa "kesepian". Perasaan dimana merasa diri nya satu-satunya yang memikirkan segala hal yang ada dalam organisasi atau perusahaan. Ini perasaan yg normal, namun jangan sampai terbawa terlalu dalam sehingga justru menjebak kita menuju arah "otoriter"

...Masih bersambung