Skip to main content

Buatlah band kamu seperti "Perusahaan"



Tiba-tiba saja saya terlintas pengen menulis blog tentang hal ini, sebetulnya sudah sangat lama sih konsep seperti ini itu ada, Band = Perusahaan/Organisasi. Beberapa bulan ini, perhatian saya terfokus dengan salah satu pentolan band Jogja yang mengklaim menjadi salah satu "aset kota Jogja", yaitu Erix Soekamti, Bassis dan Vokalis Band Endank Soekamti.

Band ini memang sudah saya kenal lama semenjak saya SMA di awal tahun 2000an, agak aneh namanya waktu itu, tapi satu sisi saya maklum karena sepertinya saat itu Sheila on 7 menjadi pelopor band yang memakai nama orang menjadi nama sebuah band. Kurang lebih hampir 13 tahunan saya tidak pernah mengikuti perkembangan mereka semenjak saya membeli majalah Hai dengan Cover mereka yang waktu itu masih dengan rambut warna-warni. Yang kemudian 2 tahunan ini saya jadi memperhatikan mereka ketika mengeluarkan Web Series recording album angka 8 di semarang via youtube.

Semenjak menjadi Guru BK, kehidupan profesional saya dalam bermusik otomatis turun sebagai pemerhati musik dan sistemnya, saya selalu berusaha browsing perkembangan konsep promo band-band yang ada di Indonesia terutama band yang berasal dari daerah namun memiliki Unic Selling Point tersendiri dalam mengenalkan lagu-lagu mereka.


Pada tahun 2009-2010, band yang menjadi perhatian saya saat itu adalah Everybody Loves Irene yang musiknya menurut saya lebih ke pop modern dengan vokalis cewek. Untuk menganalisis musik mungkin kemampuan saya kurang, tapi konsep promosinya mereka saya anggap luar biasa, karena mereka saat itu menggunakan social media, terutama myspace juga facebook yang saat itu belum terlalu booming. Bagi saya mereka luar biasa, ditambah lagi mereka juga menggunakan konsep promo bluecasting, yaitu memanfaatkan layanan bluetooth di handphone dalam menyebarkan lagu mereka, kalau gak salah dalam setiap manggung mereka melakukan bluecasting sehingga orang setelah lihat mereka jadi punya "oleh-oleh" untuk didengarkan di rumah. Its Awesome...pada saat itu :)



Bersambung.....

Popular posts from this blog

Conten Menu Sistem Informasi Akademik SMK

Beberapa tahun yang lalu, saya sempat merekomendasikan sebuah aplikasi sistem informasi akademik ke sekolah, dari situ muncul diskusi dan ide dan beberapa perubahan menu yang diharapkan sesuai dengan apa yang diterapkan disekolah ini. Tapi apa adanya, banyak kendala..sepertinya response yang kurang cepat dari developernya, entah karena mungkin secara materi kurang besar uang yang kami bayarkan atau bisa juga dari beberapa oknum di sekolah yang sepertinya kurang mendukung atau susah untuk berubah.
Daripada teronggok di dalam hardisk, lebih baik saya share saja menu-menu sistem informasi akademik SMK yang pernah saya usulkan ke developernya :)

Podcast Ngalor Ngidul - Episode 2 - Pansos dan Ansos

Di Podcast Ngalor Ngidul Episode ke 2 ini, saya ngomongin tentang Panjat Sosial dan Anti Sosial

Mulai episode 2 ini, Podcast Ngalor Ngidul ini dapat didengarkan di beberapa aplikasi streaming, yaitu

Youtube: https://www.youtube.com/faizperjuangan

Anchor:
https://anchor.fm/podcastngalorngidul

Apple Podcast: https://itunes.apple.com/us/podcast/podcast-ngalor-ngidul/id1445380027?mt=2&uo=4

Google Podcast: https://www.google.com/podcasts?feed=aHR0cHM6Ly9hbmNob3IuZm0vcy83ZjU2M2UwL3BvZGNhc3QvcnNz

Spotify: https://open.spotify.com/show/3YuPUpfkTTV6Bi6OGWg1nj

Castbox : https://castbox.fm/channel/id1500424

Breaker: https://www.breaker.audio/podcast-ngalor-ngidul-1

Pocket Casts: https://pca.st/62aH

RadioPublic: https://radiopublic.com/podcast-ngalor-ngidul-GMN93r

Sticher : https://www.stitcher.com/podcast/httpsitunesapplecomuspodcastpodcastngalorngidulid1445380027mt2uo4/podcast-ngalor-ngidul