Skip to main content

PROBLEM-PROBLEM PERKEMBANGAN SOSIAL PADA SETIAP PERIODE PERKEMBANGAN (sebuah tugas kuliah)

PROBLEM-PROBLEM PERKEMBANGAN SOSIAL PADA SETIAP PERIODE PERKEMBANGAN (sebuah tugas kuliah)

Ditulis oleh faizmh™ - Marcomm Counselor di/pada Februari 12, 2008
1 Votes
Quantcast

1.       PENDAHULUAN
Dalam perkembangan manusia dialami sepanjang rentang kehidupan manusia yaitu ketika terjadi konsepsi sampai saat bayi lahir yang disebut sebagai masa prenatal, masa bayi, masa kanak-kanak (awal dan akhir), masa remaja, masa dewasa (dini, madya, dan lanjut usia. Masing-masing tahapan perkembangan ini memiliki karakteristik perilaku yang berbeda satu sama lain.
Karena memiliki karakteristik perilaku yang berbeda satu sama lain maka dalam setiap periode perkembangan juga memiliki problem sosial yang berbeda pula. Entah masalah yang dialami maupun masalah sosial yang muncul ketika memasuki periode perkembangan tertentu.
 2.      PROBLEM SOSIAL PADA SETIAP PERIODE PERKEMBANGAN
a. Periode Perkembangan dalam Kandungan (Pra-Natal)
Pada masa periode ini, beberapa problem sosial dialami secara tidak langsung yaitu melalui perantara ibu yang hamil. Problem sosial yang dialami oleh ibu hamil juga dirasakan secara tidak langsung oleh anak pada masa pra natal. Salah satu problem sosial ini adalah: keadaan emosi seorang ibu.
Maksudnya adalah keadaan emosi yang dialami juga dirasakan oleh ibu, entah karena disebabkan terjadi masalah dengan suami, ataupun masalah sosial mengenai kehamilan ibu (hamil diluar nikah). Perubahan emosi pada ibu hamil menurut penelitian menyebabkan susunan saraf otonom akan melepaskan beberapa zat kimiawi ke dalam aliran darah, sehingga metabolisme dalam tubuh akan mengalami perubahan. Dengan begitu, akan terjadi perubahan sistem sirkulasi pada janin, dan akan mengganggu perkembangan janin. Apabila hal ini terjadi dapat mempengaruhi emosi janin, karena emosi janin sangat dipengaruhi oleh kondisi ibu saat mengandung.
  1. Periode Perkembangan Masa bayi
Periode masa bayi berlangsung saat bayi berusia 2 minggu hingga usia 2 tahun. Pada masa ini, bayi banyak melakukan eksplorasi terhadap banyak hal. Dimana terdapat berbagai resiko, untuk itu dalam masa ini bayi masih sangat ketergantungan terhadap orang lain. Untuk itu, dalam masa ini juga bayi sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan yang diterimanya. Dan juga masa ini juga menjadi dasar dalam masa mendatang, untuk itu pengaruh sosial yang diterima bayi haruslah memberikan contoh yang baik.
  1. Periode Perkembangan Masa Kanak-kanak
Pada masa ini berlangsung pada usia 2 tahun sampai 11 tahun, dimana perkembangan daya pengamatan dan masa keindahan sedang berkembang. Masa ini anak suka mengamati dunia luarnya, serta suka mendengar cerita yang sesuai dengan fantasinya.
Dalam masa ini, merupakan masa dimana anak belajar atau menyukai bergabung dalam sebuah kelompok. Diawali dengan keinginan kontak sosial dengan anak lain dan bermain. Masa ini juga sering disebut sebagai masa bermain, karena anak lebih senang untuk bermain-main dengan anak-anak lain. Pola perilaku sosial yang sering dimunculkan pada anak adalah negativisme, agresif, berkuasa, memikirkan diri sendiri, mementingkan diri sendiri, merusak, pertentangan seks dan prasangka. Perilaku sosial pada anak muncul disebabkan dengan meniru perilaku orang lain, belajar model, reinforcement dari teman....lebih lengkap klik ini

Popular posts from this blog

Conten Menu Sistem Informasi Akademik SMK

Beberapa tahun yang lalu, saya sempat merekomendasikan sebuah aplikasi sistem informasi akademik ke sekolah, dari situ muncul diskusi dan ide dan beberapa perubahan menu yang diharapkan sesuai dengan apa yang diterapkan disekolah ini. Tapi apa adanya, banyak kendala..sepertinya response yang kurang cepat dari developernya, entah karena mungkin secara materi kurang besar uang yang kami bayarkan atau bisa juga dari beberapa oknum di sekolah yang sepertinya kurang mendukung atau susah untuk berubah.
Daripada teronggok di dalam hardisk, lebih baik saya share saja menu-menu sistem informasi akademik SMK yang pernah saya usulkan ke developernya :)

Podcast Ngalor Ngidul - Episode 2 - Pansos dan Ansos

Di Podcast Ngalor Ngidul Episode ke 2 ini, saya ngomongin tentang Panjat Sosial dan Anti Sosial

Mulai episode 2 ini, Podcast Ngalor Ngidul ini dapat didengarkan di beberapa aplikasi streaming, yaitu

Youtube: https://www.youtube.com/faizperjuangan

Anchor:
https://anchor.fm/podcastngalorngidul

Apple Podcast: https://itunes.apple.com/us/podcast/podcast-ngalor-ngidul/id1445380027?mt=2&uo=4

Google Podcast: https://www.google.com/podcasts?feed=aHR0cHM6Ly9hbmNob3IuZm0vcy83ZjU2M2UwL3BvZGNhc3QvcnNz

Spotify: https://open.spotify.com/show/3YuPUpfkTTV6Bi6OGWg1nj

Castbox : https://castbox.fm/channel/id1500424

Breaker: https://www.breaker.audio/podcast-ngalor-ngidul-1

Pocket Casts: https://pca.st/62aH

RadioPublic: https://radiopublic.com/podcast-ngalor-ngidul-GMN93r

Sticher : https://www.stitcher.com/podcast/httpsitunesapplecomuspodcastpodcastngalorngidulid1445380027mt2uo4/podcast-ngalor-ngidul



Buatlah band kamu seperti "Perusahaan"

Tiba-tiba saja saya terlintas pengen menulis blog tentang hal ini, sebetulnya sudah sangat lama sih konsep seperti ini itu ada, Band = Perusahaan/Organisasi. Beberapa bulan ini, perhatian saya terfokus dengan salah satu pentolan band Jogja yang mengklaim menjadi salah satu "aset kota Jogja", yaitu Erix Soekamti, Bassis dan Vokalis Band Endank Soekamti.

Band ini memang sudah saya kenal lama semenjak saya SMA di awal tahun 2000an, agak aneh namanya waktu itu, tapi satu sisi saya maklum karena sepertinya saat itu Sheila on 7 menjadi pelopor band yang memakai nama orang menjadi nama sebuah band. Kurang lebih hampir 13 tahunan saya tidak pernah mengikuti perkembangan mereka semenjak saya membeli majalah Hai dengan Cover mereka yang waktu itu masih dengan rambut warna-warni. Yang kemudian 2 tahunan ini saya jadi memperhatikan mereka ketika mengeluarkan Web Series recording album angka 8 di semarang via youtube.

Semenjak menjadi Guru BK, kehidupan profesional saya dalam bermusik o…