Thursday, June 17, 2010

PROBLEM-PROBLEM PERKEMBANGAN SOSIAL PADA SETIAP PERIODE PERKEMBANGAN (sebuah tugas kuliah)

PROBLEM-PROBLEM PERKEMBANGAN SOSIAL PADA SETIAP PERIODE PERKEMBANGAN (sebuah tugas kuliah)

Ditulis oleh faizmh™ - Marcomm Counselor di/pada Februari 12, 2008
1 Votes
Quantcast

1.       PENDAHULUAN
Dalam perkembangan manusia dialami sepanjang rentang kehidupan manusia yaitu ketika terjadi konsepsi sampai saat bayi lahir yang disebut sebagai masa prenatal, masa bayi, masa kanak-kanak (awal dan akhir), masa remaja, masa dewasa (dini, madya, dan lanjut usia. Masing-masing tahapan perkembangan ini memiliki karakteristik perilaku yang berbeda satu sama lain.
Karena memiliki karakteristik perilaku yang berbeda satu sama lain maka dalam setiap periode perkembangan juga memiliki problem sosial yang berbeda pula. Entah masalah yang dialami maupun masalah sosial yang muncul ketika memasuki periode perkembangan tertentu.
 2.      PROBLEM SOSIAL PADA SETIAP PERIODE PERKEMBANGAN
a. Periode Perkembangan dalam Kandungan (Pra-Natal)
Pada masa periode ini, beberapa problem sosial dialami secara tidak langsung yaitu melalui perantara ibu yang hamil. Problem sosial yang dialami oleh ibu hamil juga dirasakan secara tidak langsung oleh anak pada masa pra natal. Salah satu problem sosial ini adalah: keadaan emosi seorang ibu.
Maksudnya adalah keadaan emosi yang dialami juga dirasakan oleh ibu, entah karena disebabkan terjadi masalah dengan suami, ataupun masalah sosial mengenai kehamilan ibu (hamil diluar nikah). Perubahan emosi pada ibu hamil menurut penelitian menyebabkan susunan saraf otonom akan melepaskan beberapa zat kimiawi ke dalam aliran darah, sehingga metabolisme dalam tubuh akan mengalami perubahan. Dengan begitu, akan terjadi perubahan sistem sirkulasi pada janin, dan akan mengganggu perkembangan janin. Apabila hal ini terjadi dapat mempengaruhi emosi janin, karena emosi janin sangat dipengaruhi oleh kondisi ibu saat mengandung.
  1. Periode Perkembangan Masa bayi
Periode masa bayi berlangsung saat bayi berusia 2 minggu hingga usia 2 tahun. Pada masa ini, bayi banyak melakukan eksplorasi terhadap banyak hal. Dimana terdapat berbagai resiko, untuk itu dalam masa ini bayi masih sangat ketergantungan terhadap orang lain. Untuk itu, dalam masa ini juga bayi sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan yang diterimanya. Dan juga masa ini juga menjadi dasar dalam masa mendatang, untuk itu pengaruh sosial yang diterima bayi haruslah memberikan contoh yang baik.
  1. Periode Perkembangan Masa Kanak-kanak
Pada masa ini berlangsung pada usia 2 tahun sampai 11 tahun, dimana perkembangan daya pengamatan dan masa keindahan sedang berkembang. Masa ini anak suka mengamati dunia luarnya, serta suka mendengar cerita yang sesuai dengan fantasinya.
Dalam masa ini, merupakan masa dimana anak belajar atau menyukai bergabung dalam sebuah kelompok. Diawali dengan keinginan kontak sosial dengan anak lain dan bermain. Masa ini juga sering disebut sebagai masa bermain, karena anak lebih senang untuk bermain-main dengan anak-anak lain. Pola perilaku sosial yang sering dimunculkan pada anak adalah negativisme, agresif, berkuasa, memikirkan diri sendiri, mementingkan diri sendiri, merusak, pertentangan seks dan prasangka. Perilaku sosial pada anak muncul disebabkan dengan meniru perilaku orang lain, belajar model, reinforcement dari teman....lebih lengkap klik ini

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.