Saturday, July 6, 2019

, , , ,

Tugas WKS Humas atau Hubin di Sekolah SMK (Part 2)

 


Kalo pada tulisan sebelumnya saya cerita tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh Tim WKS Humas, kini saya ingin cerita tentang Struktur Organisasi WKS Humas yang menurut saya ideal. Secara garis besar saya yakin sudah memiliki bayangan apa saja yang dilakukan oleh WKS Humas di sebuah SMK, namun menurut saya ini adalah struktur organisasi yang menurut saya ideal. Acuan saya adalah penjelasan tentang Jenis-jenis Public Relation berikut ini:

Berikut adalah aplikasi Jenis-jenis Public Relation yang saya terjemahkan jika dilaksanakan di sekolah adalah sebagai berikut:

    Hubungan dengan Media (Media Relations), tugasnya adalah bagaimana membuat hubungan dengan media menjadi baik dan mampu berperan sebagai narasumber mereka. Pada jenis PR ini, apabila di aplikasikan dalam susunan organisasi WKS Humas dapat dijadikan sebagai sub unit tersendiri, Sub Unit Media Relation. Tugas sub unit ini dalam WKS Humas seperti yang tertera dalam penjelasan tersebut. Bisa dimulai dengan membangun hubungan dengan media lokal/nasional ataupun media cetak/online, dengan melakukan media visit (berkunjung ke kantor media), kemudian memberikan undangan liputan ke media untuk meliput kegiatan kita, dan tak lupa untuk menjaga relasi dengan sesekali menyapa melalui WA.

  1. Hubungan dengan Investor (Investor Relations), tugasnya mengatur acara investor, membuat laporan keuangan investor, analisis industri serta menjadi kontak bagi media terkait kinerja perusahaan. Pada jenis PR ini apabila diaplikasikan dalam susunan organisasi WKS Humas dapat dihandle langsung oleh WKS Humas langsung, karena biasanya jika di sekolah mungkin kurang lebih mereka adalah Komite Sekolah.
  2. Hubungan dengan pemerintah (Goverment Relations), tugasnya adalah menjaga hubungan organisasi dengan pemerintah. Pada jenis PR ini apabila diaplikasikan dalam susunan organisasi dapat dihandle langsung oleh WKS Humas, karena biasanya jika berkaitan dengan pemerintah pasti akan berkaitan dengan kebijakan/kewenangan dengan kepala sekolah.
  3. Hubungan dengan Komunitas (Community Relations),tugasnya adalah menjaga hubungan dengan komunitas. Jika diterapkan disekolah contoh nyatanya adalah komunitas alumni, WKS Humas dapat melakukan handle langsung atau dapat diwakilkan melalui sub unit Bursa Kerja Khusus atau Sub Unit Praktek Kerja Lapangan jika berkaitan dengan dunia usaha/dunia industri yang membutuhkan alumni untuk bekerja di tempat usaha mereka.
  4. Hubungan dengan Internal (Internal Relations), tugasnya adalah menjaga hubungan baik antara perusahaan/organisasi dengan tim/karyawan perlu dilakukan terkait kebijakan/ gagasan/ program tertentu.
Kurang lebih seperti itu gagasan saya terhadap penjelasan dari gambar diatas. Jika ada yang kurang silahkan kita diskusi ya :)

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.