Saturday, December 15, 2018

, , , ,

Penelusuran Berpasangan : Strategi Penelusuran Alumni Untuk Tracer Study di SMK

 Sebuah cerita ide,

Beberapa hari saya kebetulan mengikuti kegiatan persiapan akreditasi sekolah yang kebetulan narasumbernya adalah pengawas SMK tempat saya bekerja. Saya menghadiri kegiatan tersebut kebetulan sebagai Koordinator Bursa Kerja Khusus yang ada di SMK tersebut. Ketika pemaparan perihal akreditasi tentang penelusuran alumni (Tracer Study), ada ide menarik dari bapak pengawas sekolah tersebut, yaitu Penelusuran Berpasangan.

Penelusuran Berpasangan adalah sebuah cara untuk mendapatkan data alumni secara valid yang dilakukan oleh seorang siswa baru yang dipasangkan dengan alumni pada sekolahan tersebut. Siswa baru tersebut akan mencari informasi terkini tentang keadaan alumni SMK tersebut dengan cara mengunjungi rumah alumni yang berada dalam 1 daerah tempat tinggal yang sama dengan siswa baru, sehingga informasi yang didapatkan dengan cara mengunjungi langsung tempat tinggal alumni bisa valid didapatkan, apakah alumni sudah bekerja, melanjutkan kuliah, wirausaha, atau dengan kondisi lainnya.

Selain itu, diharapkan dengan dilaksanakan Penelusuran Berpasangan ini adalah ada proses komunikasi antara siswa baru dan alumni sehingga bisa saling memberikan motivasi kepada siswa baru dan saling sharing tentang strategi sekolah di SMK. 

Menurut saya, ide ini cukup realistis untuk dilakukan, apalagi dengan menggandeng siswa baru yang mana kegiatan ini dapat dilakukan sebagai salah satu tugas masa orientasi siswa baru di sekolah.Untuk melaksanakannya pun juga tetap harus berkoordinasi dengan kesiswaan yang bertanggungjawab dengan kegiatan masa orientasi siswa. 

Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.