Skip to main content

Membuat Televisi berbasis online dengan Youtube dan Google Hangouts On Air

Setelah berkali-kali memikirkan media lain untuk perkembangan Media Relation di kantor. Akhirnya ide muncul untuk membuat sebuah stasiun televisi. Logikanya kalo buat stasiun televisi pasti sangatlah mahal, apalagi harus beli frekuensi. Nah, dari situlah otak gandrung internet saya mencari cara gimana caranya membuat televisi berbasis online dan tidak keluar biaya banyak.

Awalnya, saya sangat tertarik dengan teman-teman dari X-COde Film yang membuat serial tony blank show yang tayang teratur di Youtube. Dari situ, otak saya berpikir, gimana ya caranya live. Karena klo pake konsep X-Code Film kita harus buat produksi kegiatan seperti layaknya production house atau televisi pada umumnya. Dan disinilah saya akhirnya menemukan cara agar kita bisa siaran live. Dengan menggunakan Google Hangout On Air.
Saya baru menyadari jika ternyata Google sudah memberikan fasilitas yang gratis untuk bisa membuat video, bahkan bisa untuk siaran langsung. Untuk caranya sih sepertinya sangat mudah kok. Cukup akses internet, webcam, sudah bisa lho untuk siaran. Saat ini, televisi berbasis youtube ini memang belum banyak. Rata-rata yang ada di youtube saat ini adalah serial-serial yang di upload teratur, tapi sepertinya bentar lagi saya yakin ini akan booming.

Oiya, untuk yang pengen tahun channel youtube kantor bisa ke youtube.com/skagatatv

Popular posts from this blog

Conten Menu Sistem Informasi Akademik SMK

Beberapa tahun yang lalu, saya sempat merekomendasikan sebuah aplikasi sistem informasi akademik ke sekolah, dari situ muncul diskusi dan ide dan beberapa perubahan menu yang diharapkan sesuai dengan apa yang diterapkan disekolah ini. Tapi apa adanya, banyak kendala..sepertinya response yang kurang cepat dari developernya, entah karena mungkin secara materi kurang besar uang yang kami bayarkan atau bisa juga dari beberapa oknum di sekolah yang sepertinya kurang mendukung atau susah untuk berubah.
Daripada teronggok di dalam hardisk, lebih baik saya share saja menu-menu sistem informasi akademik SMK yang pernah saya usulkan ke developernya :)

Podcast Ngalor Ngidul - Episode 2 - Pansos dan Ansos

Di Podcast Ngalor Ngidul Episode ke 2 ini, saya ngomongin tentang Panjat Sosial dan Anti Sosial

Mulai episode 2 ini, Podcast Ngalor Ngidul ini dapat didengarkan di beberapa aplikasi streaming, yaitu

Youtube: https://www.youtube.com/faizperjuangan

Anchor:
https://anchor.fm/podcastngalorngidul

Apple Podcast: https://itunes.apple.com/us/podcast/podcast-ngalor-ngidul/id1445380027?mt=2&uo=4

Google Podcast: https://www.google.com/podcasts?feed=aHR0cHM6Ly9hbmNob3IuZm0vcy83ZjU2M2UwL3BvZGNhc3QvcnNz

Spotify: https://open.spotify.com/show/3YuPUpfkTTV6Bi6OGWg1nj

Castbox : https://castbox.fm/channel/id1500424

Breaker: https://www.breaker.audio/podcast-ngalor-ngidul-1

Pocket Casts: https://pca.st/62aH

RadioPublic: https://radiopublic.com/podcast-ngalor-ngidul-GMN93r

Sticher : https://www.stitcher.com/podcast/httpsitunesapplecomuspodcastpodcastngalorngidulid1445380027mt2uo4/podcast-ngalor-ngidul



Buatlah band kamu seperti "Perusahaan"

Tiba-tiba saja saya terlintas pengen menulis blog tentang hal ini, sebetulnya sudah sangat lama sih konsep seperti ini itu ada, Band = Perusahaan/Organisasi. Beberapa bulan ini, perhatian saya terfokus dengan salah satu pentolan band Jogja yang mengklaim menjadi salah satu "aset kota Jogja", yaitu Erix Soekamti, Bassis dan Vokalis Band Endank Soekamti.

Band ini memang sudah saya kenal lama semenjak saya SMA di awal tahun 2000an, agak aneh namanya waktu itu, tapi satu sisi saya maklum karena sepertinya saat itu Sheila on 7 menjadi pelopor band yang memakai nama orang menjadi nama sebuah band. Kurang lebih hampir 13 tahunan saya tidak pernah mengikuti perkembangan mereka semenjak saya membeli majalah Hai dengan Cover mereka yang waktu itu masih dengan rambut warna-warni. Yang kemudian 2 tahunan ini saya jadi memperhatikan mereka ketika mengeluarkan Web Series recording album angka 8 di semarang via youtube.

Semenjak menjadi Guru BK, kehidupan profesional saya dalam bermusik o…