Saturday, September 28, 2013

Membuat Radio Online untuk Kantor

Akhirnya, media kedua setelah website yang di kelola oleh Media Relation telah dibuat. Setelah berulang kali browsing tentang membuat Radio Online gratis, ternyata tak ada satupun yang gratisan tersebut dapat di dengarkan oleh orang lain di luar IP yang digunakan PC untuk siaran itu. Dari situ diambil keputusan, ini berarti harus cari hosting streaming jika mau buat Radio Online.

Beberapa kali browsing penyedia jasa hosting streaming radio, akhirnya pilihan saya jatuh ke broadcastindo.com. Saya memilih ini karena ternyata paket mereka cenderung lebih murah, dan lagi mereka juga menyediakan paket per bulan, 3 bulan, 6 bulan sampe bertahun-tahun. Pertama hal itu lah yang menjadi pertimbangan saya, karena kita bisa coba duluan. Dan yang lebih enaknya lagi, di broadcastindo ternyata kita selama masa sewa bisa upgrade ato downgrade paket yang kita sewa. Itu enaknya kedua.


Nah..di bagian pemilihan enggine untuk hosting streaming saya juga memiliki kebingungan. Pada umumnya yang kita tahu itu ada dua, shoutcast dan icecast. Dari 2 itu, ternyata saya memilih icecast karena kalo pake icecast itu cenderung lebih mudah untuk didengarkan di setiap player, tidak seperti shoutcast, selain itu, ada juga fasilitas autoDJ dari paket yang saya pilih itu. Oiya, saya memilih paket Icecast Premium IIX, saya lebih memilih hosting indonesia karena target radio online kantor adalah siswa dan alumni saja, dan mereka kan pasti berada di Indonesia, jadi bayangan saya juga lebih enteng. Selain itu, pake icecast kita bisa otomatis siaran, jadi misal autoDJ tetap kita mainkan lagu kita siaran live pake winamp, maka otomatis siaran autoDJ jadi tertutup siaran live pake winamp. Sedangkan kalo pake shoutcast cenderung agak lebih ribet menurut saya.

Dan akhirnya, disewalah hosting streaming di broadcastindo, banyak keuntungannya kok menurutku. Fast response layanan supportnya juga terbilang cepat. Jadi itu yang saya butuhkan. dan radio itu kini telah online. Kalo mendengarkan bisa ke radio.skagata.sch.id

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.