Wednesday, April 29, 2009

, ,

Pengembangan Papan Bimbingan Online

Berkaitan dengan media Papan Bimbingan, selama ini dalam pelaksanaan layanan informasi Bimbingan dan Konseling di sekolah masih menggunakan metode Papan Bimbingan yang ditempel di papan pengumuman sekolah, sehingga kadang materi papan bimbingan tercampur dengan beberapa pengumuman sekolah. Padahal Papan Bimbingan ini sendiri seharusnya berada terpisah dengan pengumuman yang di sekolah.
 
Menurut Bimo Walgito (2004:183) penggunaan papan bimbingan tempel dinilai tidak efektif jika tidak berada ditempat strategis yang dapat dilihat oleh seluruh siswa. Namun dalam realita, papan bimbingan terlihat rancu dengan papan pengumuman maupun dengan majalah dinding yang dibuat oleh siswa.

Tak hanya itu saja, papan bimbingan tempel juga tidak memuat informasi yang banyak sehingga perlu diupdate berulangkali, namun terkadang peng-update-tan informasi tersebut terlalaikan karena kesibukkan guru dengan masalah–masalah pada siswa atau program layanan yang lain.

Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, bidang Bimbingan dan Konseling harus mampu memanfaatkan teknologi tersebut. Dengan munculnya internet, kurikulum 2004 tentang mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, bahkan dengan adanya kelas belajar di sekolah yang berbasis internet (Kelas ICT), BK ditantang untuk mampu mengakomodir kebutuhan para peserta didik tersebut. Sesuai dengan perkembangan IPTEK dalam Landasan BK, maka penguasaan IPTEK (terutama teknologi informasi) harus dikuasai karena BK harus mampu berjalan sesuia dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih.

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia saat ini semakin mudah untuk diakses siapapun. Kemudahan akses terhadap internet oleh siapapun dipandang bisa menjadi latar belakang untuk melaksanakan bimbingan di internet, khususnya untuk membantu siswa yang sudah menggunakan internet dalam kebiasaan belajarnya atau siswa kelas ICT. Kemudahan penggunaan internet juga ditunjukkan dengan munculnya website yang menyediakan fasilitas free weblog atau blog yang dapat digunakan oleh setiap orang tanpa harus memahami bahasa pemprograman komputer.

Dari beberapa hal diatas, blog bisa menjadi alternatif media untuk papan bimbingan yang terhubung dengan jaringan internet yang dapat menampung berbagai informasi tanpa harus bingung dengan bahasa pemrograman komputer (HTML) untuk mengupdate dan mendesain agar siswa tertarik untuk melihat papan bimbingan.
 
Hal itu lah yang membuat peneliti melakukan penelitian pengembangan ini, yaitu membuat papan bimbingan online yang terhubung dengan jaringan internet dengan menggunakan blog. Blog dipandang bisa menjadi salah satu alternatif media untuk membuat papan bimbingan yang dapat di tampilkan secara online, karena user (guru pembimbing) dapat membuat blog tanpa harus mempelajari bahasa pemprograman komputer untuk bisa membuat sebuah blog, yaitu melalui website blog engine yang memiliki fasilitas free-blog untuk siapapun yang mendaftar.
 
Produk yang akan peneliti hasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah Papan Bimbingan Online yang dibuat dengan menggunakan blog enggine di www.blogspot.com. Didalam Papan Bimbingan Online tersebut, akan ditampilkan layanan bimbingan dan layanan konseling serta layanan kotak masalah.
 
Layanan yang akan dimasukkan adalah dalam Papan Bimbingan Online ini adalah:

1. Layanan informasi tentang 4 bidang layanan BK yang sesuai dengan bidang layanan dalam silabus BK SMA Muhammdiyah 1 Yogyakarta yaitu:
  • Bidang Layanan Pribadi
  • Bidang Layanan Sosial
  • Bidang Layanan Belajar
  • Bidang Layanan Karir.
Dari materi-materi yang akan disampaikan tersebut, siswa dapat juga berinteraksi dengan guru pembimbing tentang materi yang ditampilkan dengan memberikan komentar atau bertanya pada link komentar materi pada setiap materi yang ingin dipahaminya.

2. Layanan Konseling terhadap siswa, yaitu:
  • Layanan Konseling Individu, adapun fasilitas internet yang digunakan adalah chat dengan Yahoo Massanger.
  • Layanan Konseling kelompok, adapun fasilitas internet yang digunakan adalah forum diskusi phBB.
  • Kotak Masalah untuk siswa,
Dalam pelaksanaan layanan kotak masalah, fasilitas internet yang digunakan atau ditampilkan dalam Papan Bimbinga Online ini adalah email yang di buat di website www.yahoo.com.


Catatan : tulisan berasal dari sebuah skripsi, Faiz Mudhokhi, PENGEMBANGAN PAPAN BIMBINGAN ONLINEDENGAN MENGGUNAKAN BLOG PADA SISWA KELAS XI ICT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA, Jurusan Bimbingan Konseling FIP UNY, 2009