Wednesday, April 29, 2009

, ,

PENGEMBANGAN PAPAN BIMBINGAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN BLOG PADA SISWA KELAS XI ICT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

ABSTRAK

PENGEMBANGAN PAPAN BIMBINGAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN BLOG PADA SISWA KELAS XI ICT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

 
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Papan Bimbingan dengan menggunakan blog yang terhubung dengan jaringan internet dan didalamnya terdapat materi-materi layanan informasi bimbingan serta layanan konseling berbasis internet yang dapat digunakan secara online untuk siswa kelas XI ICT SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan mengacu pada pendapat Borg & Gall yang selanjutnya dimodifikasi oleh peneliti. Produk yang dikembangkan adalah Papan Bimbingan dengan menggunakan blog yang didalamnya terdapat layanan informasi bimbingan dan layanan konseling berbasis internet. Subyek penelitian ini terbagi atas subyek ahli, yaitu ahli materi BK, guru pembimbing kelas XI ICT, dan ahli teknologi informasi, serta subyek uji coba yaitu siswa kelas XI ICT. Penentuan subyek siswa tersebut dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi terhadap data kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase terhadap data kuantitatif.

Hasil penelitian pengembangan adalah Papan Bimbingan Online dengan menggunakan blog yang didalamnya terdapat layanan informasi bimbingan dan layanan konseling berbasis internet yang telah diselesaikan dengan melakukan tiga kali tahap uji, yaitu uji ahli (validasi ahli), uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar serta tiga kali tahap revisi, meliputi: revisi berdasarkan uji ahli, revisi berdasarkan uji kelompok kecil, serta revisi berdasarkan uji kelompok besar. Revisi dilakukan meliputi beberapa aspek yaitu aspek tampilan blog, materi serta website tujuan link bidang bimbingan, dan kejelasan penggunaan media interaksi. Berdasarkan hasil penilaian uji coba kelompok kecil, produk Papan Bimbingan Online dengan menggunakan blog yang dikembangkan secara umum mendapatkan penilaian sangat baik dengan nilai persentase 97,2%, sedangkan berdasarkan uji coba kelompok besar, Papan Bimbingan Online dengan menggunakan blog yang dikembangkan secara umum mendapat penilaian sangat baik dengan nilai persentase 95,39%. Dengan demikian, Papan Bimbingan Online dengan menggunakan blog yang didalamnya terdapat layanan informasi bimbingan dan layanan konseling berbasis internet yang dikembangan ini dikatakan sangat baik dan layak digunakan sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling berbasis internet untuk siswa kelas XI ICT.
Kata kunci: papan bimbingan online, bimbingan dan konseling berbasis internet, pengembangan media BK, blog, ICT