Wednesday, April 29, 2009

, ,

Pendidikan dan Teknologi Informasi - Part 1 Blog di Internet

Pengertian Blog
Menurut Enda Nasution dalam tulisannya di Apa Itu Blog? (2008) yang mengutip tulisan John Barger menjelaskan bahwa, blog adalah kependekan dari weblog. Istilah ini digunakan John Barger untuk menyebut website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link menuju website lain yang mereka anggap menarik, disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
 
Sejalan dengan pengertian tersebut, dalam website Webster’s New Millenium Dictionary of English menyatakan bahwa blog adalah

a personal website that provides updated headlines and news articles of other sites that are of interest to the user, also may include journal entries, commentaries, and recommendations compiled by user; also written weblog; weblog also called blog.”

Yang artinya; blog merupakan sebuah aplikasi web pribadi yang berisi tentang artikel berita dan isu-isu aktual yang berasal dari situs lain yang disukai oleh penulis (blog), juga didalamnya terdapat tulisan, komentar- komentar, dan rekomendasi yang ditulis oleh pembaca blog ; juga penulis blog; weblog juga disebut blog”.
 
Sedangkan menurut tulisan yang ada di Wikipedia Bahasa Indonesia (2008) menjelaskan bahwa weblog adalah sebuah aplkiasi web yang memuat secara peridok tulisan-tulisan (posting) pada sebuah website umum. Situs web semacam ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari pengguna blog tersebut.
 
Selain itu Ridwan Sanjaya juga menjelaskan bahwa media yang disebut weblog atau blog merupakan jawaban bagi masyarakat yang ingin memiliki website sendiri namun tidak menguasi bahasa pemprograman (html/xml) yang digunakan. Blog juga sebetulnya hanya merupakan salah satu bentuk website yang juga dapat dilihat dengan menggunakan web browser pada umumnya (2007: 2)
 
Berdasarkan beberapa pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa blog merupakan sebuah media web yang berada dalam internet (online) yang berisi tulisan, opini, berita, maupun artikel yang disukai oleh pembuat blog (blogger), dan juga mempunyai link-link menuju ke website lain atau ke topic lain serta dikelola secara interaktif dan dapat diperbarui kapan dan dimana pun.
 
Pengguna Blog

Pada saat ini, pengguna blog di internet sudah semakin banyak. Sejak kemunculan istilah ini di internet pada tahun 1997 hingga sekarang, pengguna blog mengalami perkembangan yang sangat signifikan, apalagi ditambah dengan kemunculan layanan blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan blog-nya dengan sendiri secara online dan gratis. Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki lebih dari 100.000 pengguna blog atau sering disebut blogger (Enda Nasution, 2008)
Mengenai pengguna blog, Kukuh Prakoso (2006:6) menjelaskan dengan mengutip Evan William, pendiri Blogger.com, bahwa: “mayortitas blogger adalah anak muda atau mahasiswa dan banyak diantara mereka yang menggunakan untuk berkomunikasi dengan teman-temannya. Blogger kebanyakan memang terdiri atas penulis muda yang dinamis, extraordinary, dan mempunyai opini untuk segala hal. Mereka adalah generasi yang tidak takut berpendapat dan mengungkapkan pendapat mereka”

Sejalan dengan hal itu, Ridwan Sanjaya juga menegaskan bahwa awalnya blog diperkirakan hanya akan menjadi sebuah tren, namun akhirnya berkembang menjadi sebuah budaya tersendiri dikalangan pengguna internet. Budaya untuk menuliskan berbagai catatan di internet untuk diperlihatkan kepada publik ternyata disukai oleh banyak anak muda bahkan orang tua. Banyaknya jumlah pengguna blog tanpa mengenal batasan usia dan profesi ini, salah satunya disebabkan oleh semakin meningkatnya jumlah penyedia layanan blog di internet. Selain banyak yang bersifat gratis, umunya operasional blog cukup mudah.(2007:3)
 
Hal yang senada juga diungkap kan Kukuh Prakoso bahwa saat ini blogger dapat berasal dari semua lapisan, namun syarat utamanya adalah mereka harus mengetahui tentang internet dan mau mencoba menggunakan blog. Mereka (blogger) tidak harus ahli HTML karena banyak komunitas blog telah memberikan kemudahan bagi penggunanya. Melihat hal ini, blogger bukanlah tempat kawula muda saja (2006:6)
 
Dari pemaparan diatas, maka dapat disimpulkan bila dengan kemudahan pembuatan dan pengelolaan blog maka siapa saja bisa menjadi blogger atau pemilik blog. Dalam perkembangan blog di Indonesia pada saat ini, blog sudah digunakan oleh beberapa kalangan akademisi sebagai media belajar peserta didiknya. Sebagai media belajar, siswa atau peserta didik dapat mengakses materi atau sumber belajar yang digunakan oleh Guru. Selain itu, peserta didik yang mengakses juga dapat melakukan interaksi dengan berkomentar ataupun dengan bertanya pada materi yang ada.
 
Dengan kemudahan ini pula, dapat memicu perkembangan konselor atau seorang Guru BK untuk dapat membuat media bimbingan dengan blog. Seseorang Guru BK yang tidak memahami bahasa pemprograman komputer (HTML/XML) pun bisa membuat blog untuk membuat blog yang kemudian dapat digunakan sebagai Papan Bimbingan Online.


Manfaat Blog

Dalam perkembangannya, manfaat blog saat ini tidak hanya untuk mempublikasi tulisan-tulisan pribadi blogger, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai media diskusi antar pembaca blog dan blogger. Hal ini disebabkan pembaca dapat memberikan komentar terhadap tulisan atau artikel pada blog tersebut. Hal itu juga dijelaskan oleh Enda Nasution bahwa keinteraktifan adalah hal lain yang didapatkan dari blog. Internet bukan saja memungkinkan para blogger memberikan opini dan komentar mereka tentang suatu isu, tapi juga memungkinkan par pembaca blog menuliskan opininya pada opini yang ia baca (Enda Nasution, 2008)
Ridwan Sanjaya pun juga berpendapat senada dengan hal tersebut bahwa blog dapat menjembatani komunikasi antara pemilik dan pengunjung. Pengunjung blog dapat memberikan komentar balik, sanggahan, ataupun catatan tambahan di dalam blog yang kita tulis. Semakin banyak komentar dari pengunjung, blog tersebut akan semakin popular (2007:4)

Sedangkan menurut tulisan Muhammad Ikhsan (2008) berpendapat bahwa blog bisa digunakan dalam pendidikan, antara lain:
  • Menuliskan apapun tentang kegiatan di sekolah, seperti menceritakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan, inovasi dalam media dan metode mengajar..
  • Menjadi cermin evaluasi diri karena tulisan-tulisan dikomentari oleh berbagai orang dengan berbagai sudut pandang sehingga kita belajar memahami berbagai karakter orang dan sudut pandang seseorang dalam menyikapi.
  • Menguji kualitas tulisan-tulisan. Apabila banyak orang yang menyukai tulisannya maka dia akan sukses menjadi penulis berbakat.
  • Ajang sosialisasi antar pengguna blog (blogger)
  • Menyusun kekuatan opini
  • Mendatangkan pendapatan tambahan dari kumpulan tulisan- tulisan jika dijadikan buku.
Dari beberapa pandangan tentang manfaat blog diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa blog mampu untuk dijadikan media interaksi antara Guru BK dan murid. Selain itu informasi yang ditampilkan pun dapat menjadi sumber informasi bimbingan yang bisa membantu siswa.

Catatan : tulisan berasal dari sebuah skripsi, Faiz Mudhokhi, PENGEMBANGAN PAPAN BIMBINGAN ONLINEDENGAN MENGGUNAKAN BLOG PADA SISWA KELAS XI ICT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA, Jurusan Bimbingan Konseling FIP UNY, 2009